0 item in the bag

No products in the cart.

The Finest Leather Handmade Shoes

4 Jenis Sol Yang Biasa Dipakai Di Sepatu Kulit

Sol berjenis karet atau plastik sering juga dipakai oleh para pembuat sepatu kulit. Dibandingkan dengan sol kulit yang cukup rumit dalam pembuatan nya, sol karet ini cukup mudah dalam pembuatan sekaligus empuk dan nyaman dalam pemakaian.

Sol karet dan plastik pun banyak dipakai di sepatu jenis lain seperti sneakers dan sepatu basket. Berikut 4 jenis sol karet yang umum dipakai di sepatu kulit :

1. Thermoplastic Rubber (TPR) : Jenis sol ini dibuat dari material karet mentah yang dicairkan lalu dicetak ke dalam cetakan sol sepatu yang sudah di desain sebelumnya. Keunggulan dari bahan ini adalah gaya gesek minimum yang cukup baik, tahan lama dan awet apabila dipermukaan yang kasar. Sepatu kulit yang memakai TPR ini biasanya bersifat formal namun sangat nyaman dipakai sepanjang hari karena keempukan sol.

Thermoplastic Rubber
sepatu dengan sol TPR

2. Ethyl Vinyl-Acetate (EVA) : Material ini umun nya dianggap yang paling memberikan kenyamanan sekaligus mudah diatur ketebalannya mengikuti kebutuhan pembuat sepatu. EVA biasanya diproduksi sebagai bahan bantalan sol dan bagian luar sepatu lainnnya. Material sol ini jadi yang paling ringan di antara jenis bantalan lainnya. Fleksibilitas EVA membuat material ini disebut sebagai penahan guncangan terbaik. Sol yang dibuat dari EVA ini biasanya dipakai di sepatu kulit yang bersifat casual atau santai yang membutuhkan kenyamanan bagi para penggunanya namun sekaligus bersifat tidak formal.

Ethylene Vinyl Acetate
Sepatu dengan sol EVA

3. Rubber Sol (Sol Karet) : Seperti namanya, sol ini terbuat dari bahan karet yang dipanaskan lalu dicetak. Kelebihan dari sol ini adalah elastis, tahan air dan tahan lama terhadap aus. Penggunaan sol karet umum digunakan untuk segala jenis sepatu diluar sepatu kulit seperti sepatu olahraga meskipun kurang baik karena licin. Sol ini dianggap menjadi bahan yang paling berat dibanding dengan material dari bahan lain. Namun dengan sifat berat nya ini, sangat cocok untuk sepatu kulit bersifat formal yang membutuhkan heel atau hak yang cukup tinggi.

Rubber Sol
Sepatu dengan rubber sol

4. Thermoplastic polyurethane (TPU) : Material berbahan plastik polimer (PU) yang dipanaskan (TPU) ini diciptakan untuk mengatasi berat yang diakibatkan oleh sol karet. Selain lembut dan fleksibel, kelebihan sol berbahan TPU ini memang sangat ringan. Bahan sol ini bisa dicairkan lalu dipadatkan ulang sehingga bisa lebih mudah melakukan perubahan bentuk untuk edisi-edisi sepatu lain. Meski begitu, biaya pengembangan teknologi pada sol TPU masih terbilang mahal.