0 item in the bag

No products in the cart.

Seaptu Dinas & Pantofel

5 Kesalahan Saat Memakai Sepatu Formal

Sepatu merupakan salah satu elemen terpenting saat berpenampilan. Pakaian yang dipakai akan menjadi sia-sia apabila tidak diimbangi oleh sepatu yang cocok maupun mumpuni. Termasuk untuk acara-acara formal, kantor, interview kerja, pesta formal, pernikahan yang umum nya memakai jas, kemeja maupun tuxedo untuk pakaian nya.

Namun, seringkali ditemui kesalahan oleh para pria saat mengikuti maupun menghadiri acara-acara penting dengan suasana formal yang seringnya menyangkut dengan bisnis atau pekerjaan. Berikut dirangkum 5 kesalahan tersebut :

1. Sepatu Formal Berujung Persegi (square-toe) : sepatu ini seringkali dijual oleh online shop sepatu khususnya berbahan kulit imitasi. Ujung yang berbentuk persegi ini tidak terlihat stylish dikarenakan siluet yang tidak cocok dengan kaki yang memanjang dan juga terlihat seperti batang pohon. Tidak pernah direkomendasikan oleh para perancang busana.

Haram dipakai
Dilarang Keras

2. Slip-On yang bukan loafers : sepatu slip-on yang bukan loafers, sangat dilarang untuk dipakai di acara formal apalagi bila digabungkan dengan jas, sangat haram hukumnya. Dan ini kesalahan yang jamak terjadi di Indonesia.

Jangan Dipakai

3. Salah Ukuran : Walau kesalahan ini tidak sesering nomor 1 dan 2, tapi kesalahan ukuran ini kadang terjadi apabila salah mengukur panjang sepatu. Walau tiap merk sepatu memiliki standard size yang berbeda, tapi hal itu bisa diminimalisir dengan menghitung panjang kaki dengan benar. Googling sudah menjadi jawaban apabila ingin tahu cara menghitung ukuran sepatu.

Malu Lihatnya

4. Warna yang tidak sesuai pakaian : kesalahan ini bisa dihindari apabila memakai sepatu warna hitam karena sepatu warna tersebut sangat pas dengan pakaian yang berwarna netral seperti putih atau abu-abu. Yang kita tahu warna hitam juga adalah warna yang cocok di acara resmi. Tapi, kalau sudah bosan dengan warna hitam, sebaiknya warna pakaian dipadupadankan dengan paduan wheel of color, tools ini dapat membantu saat kekurangan ide maupun membantu warna yang sepadan dengan gelombang warna yang dipakai.

Tidak Cocok Dipakai

5. Terlalu neko-neko : eksperimen boleh saja, tapi kalau cenderung dipaksakan tanpa meriset apa yang pantas, sama saja dengan sembarangan. Sebaiknya menghindari sepatu berwarna-warni dengan sol nya yang berwarna tidak lazim. Sebaiknya tidak perlu berani bereksperimen di acara-acara formal, namun kalau di acara bersifat non-formal atau santai, boleh saja.

Tidak Enak Dilihat