0 item in the bag

No products in the cart.

The Finest Leather Handmade Shoes

Ini Yang Buat Sepatu Formal Tidak Ada Matinya

Sepatu formal wajib dipakai untuk para pekerja maupun profesional saat bertugas atau acara formal. Sepatu yang umumnya terbuat dari kulit ini sudah menjadi dress code untuk dipakai, ditambah dipadupadankan dengan celana berbahan katun.

Namun, ternyata desain sepatu formal ini bertahan dari jaman ke jaman. Desain yang tidak banyak berubah secara dasar dan prinsip, membuat sepatu formal terlihat classic timeless, tidak lekang dimakan waktu. Walau jaman semakin menuntut kepraktisan, tidak bisa menggantikan prinsip seaptu formal yang harus simpel sekaligus elegan.

Selain bahan yang terbuat dari material kulit asli, ada beberapa bagian yang perlu diketahui sehingga kita dapat menilai bahwa sepatu formal yang kita miliki dapat dipergunakan dari waktu ke waktu, tidak capai harus ganti tiap tahun nya. Untuk artikel ini, penulis tetap memakai bahasa asli nya (bahasa inggris) agar tidak membingungkan bagi pemula dengan bahasa Indonesia

  • Upper : Seluruh bagian dari sepatu yang menutupi bagian atas kaki. Upper ini dijahit sedemikian rupa agar membentuk satu kesatuan dnegan outsole dan midsole sehingga membentuk pola yang sudah didesain sebelumnya. Bagian upper ini terdiri dari vamp, quarter dan lining.
  • Vamp : Merupakan bagian dari upper, yang menutupi kaki bagian depan sampai bagian belakang dan menyatu dengan bagian quarter.
  • Toe : Bagian kecil dari sisi depan atas sepatu yang dijahit atau direkatkan. Toe ini berfungsi juga memperkuat area depan yang sering kena tekanan dari kaki saat berjalan dan sekaligus menambah aksen ornamen pada sepatu.
  • Tongue : Bagian yang fleksibel untuk tempat tali mengencangkan sepatu. Juga dapat mengatur kecil atau besar nya tekanan pada saat proses mengencangkan tali.
  • Quarter : Bagian belakang atas sepatu, biasanya vamp memakai bagian ini untuk memperkuat dan juga untuk membungkus tumit. Di sepatu model wholecut, vamp dan quarter menjadi satu bahan. Walau sebagian besar pada seaptu formal, vamp dan quarter terpisah.
  • Counter : Bagian belakang sepatu yang berguna memperkuat area tumit dan tempat menyatukan quarter.
  • Heel : Sepotong kulit atau karet yang tebal untuk menopang bagian belakang kaki. Di sepatu formal, heel ini bisa terpisah atau menyatu dengan sol sepatu.
  • Midsole : Lapisan material yang menjadi bagian dari sol bagian luar dan berfungsi untuk menjadi bantalan.
  • Outsole : Lapisan material sol yang keras yang berada di bagian bawah sepatu. Bisa terbuat dari kulit maupun karet.